Friday, May 10, 2013

Keladi Canek




Pok Jak telah mengaturkan supaya aku menjadi bidan terjun dalam tim luka. Banyaklah yang diajar makcik-makcik misi dalam tim luka itu. 

Misalnya, ada tiga larutan untuk mencuci luka dan yang paling biasa dipakai ialah dermacyn. Adapun, wujud sepuluh jenis bahan untuk membebat ( ya, istilah melayu untuk dressing ialah bebat) luka bergantung pada kondisi luka itu. Maka bahan-bahan itu ialah hydrogel, hydrocolloid, satu lagi geng hydro tak ingat, polyment, alginate, perak, madu, foam dan filem.

Ketika berborak dengan makcik-makcik misi itu teringatlah aku pada salah satu pembebat luka orang-orang dulukala seperti yang dibarikan mama dan Esah iaitu keladi canek. Adapun terkadang disebut orang keladi candik.

Zaman hari itu ketika rak masih banyak, kalau masuk mudah sangat menemukan keladi canek duduk berpayung bawah dahan-dahan rendang pohon besar lainnya. Orang muda macam aku takkan kenal pokoknya melainkan pada buahnya yang bergugus jingga ketika masak. Kata orang buahnya beracun tapi entah macam mana jadi kegemaran burung merbah jambul. Sebab itu juga orang luar memanggilnya keladi merbah.

Adapun yang menjadi ubat dan bebat luka itu ialah kulitnya yang disiat dan dibalut pula pada luka. Insya Allah Taala luka cepat siar. Makcik-makcik misi menambah lagi tentang daun kapal terbang yang dikunyah atau ditumbuk kemudian dicomor pada luka.

Kemudian kami berborak lagi tentang buah-buah kayu tradisi yang makin pupus lantaran kemajuan dan tiada nilai komersial lalu tak terkenal lagi pada lidah anak-anak muda. Buah keranji yang masyhur dalam pantun itu, buah terajang, buah keriyat, buah kecupu, buah gorek, buah batu pelir pelanduk. Keladi canek dalam gambar ini pun nasib-nasib tumbuh di belakang rumah sewa Yah Adam dan aku terperasan ketika masuk dapur rumah abang Zack.

Pertama kali cerita tentang tempat kerja dekat sini ...

2 comments:

IBU PUSPITA said...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,jangan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohan dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI












Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIRENG dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIRENG saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIRENG karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI,janan ada percaya klau ada yg memakai pesan ini klau bukan atas nama saya krna itu cuma bohon dan ini resmi saya yg menulis.Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)